Trump menyatakan darurat nasional coronavirus

Trump menyatakan darurat nasional coronavirus

Trump menyatakan darurat nasional coronavirus

WASHINGTON: Presiden Donald Trump mendeklarasikan keadaan darurat nasional pada Jumat (13 Maret) dalam apa yang dikatakan oleh para kritikus adalah penerimaan yang lama tertunda atas gravitasi krisis coronavirus yang melumpuhkan Amerika Serikat dan mengatakan ia kemungkinan akan dites untuk infeksi sendiri.

Berbicara di sebuah konferensi pers yang tergesa-gesa di Rose Garden Gedung Putih, Trump mengatakan dia akan "melepaskan kekuatan penuh pemerintah federal" terhadap penyebaran penyakit.

Keadaan darurat nasional membebaskan hingga US $ 40 miliar dana federal untuk membantu pemerintah daerah. Hal ini juga memberi Trump kesempatan lain untuk memulihkan kepercayaan publik dalam penanganannya terhadap virus corona, yang terus-menerus diremehkannya.

Konferensi pers datang setelah pidato nasional yang banyak disoroti oleh Trump pada hari Rabu, di mana ia tidak hanya gagal menenangkan kegelisahan tetapi juga memberikan kesalahan faktual yang serius.

Aksi jual besar-besaran pasar saham terjadi, sedangkan kinerja hari Jumat melihat Dow Jones naik tajam.

Diapit oleh pejabat kesehatan terkemuka dan kepala perusahaan medis besar, Trump membual tentang respons AS, tetapi juga melangkah lebih jauh daripada sebelumnya dalam mengakui besarnya ancaman.

Acara Rose Garden datang ketika Kongres dan Gedung Putih kembali gagal menyepakati langkah-langkah untuk meringankan penderitaan keuangan yang disebabkan oleh gangguan pandemi terhadap perekonomian. Kesepakatan telah diharapkan pada hari Jumat.

Trump menyalahkan oposisi Demokrat untuk kebuntuan, yang menghancurkan harapan meyakinkan orang Amerika menghadapi kemungkinan biaya kesehatan yang parah dan gejolak pekerjaan yang dihasilkan dari perlambatan tiba-tiba dalam kegiatan ekonomi.

Trump mengejutkan wartawan dengan membalikkan desakannya untuk tidak perlu dites coronavirus, atau bahkan melakukan karantina sendiri, setelah kontaknya dengan sejumlah politisi yang sejak itu mengambil tindakan pencegahan.

Akhir pekan lalu, Trump menjamu Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang mengatakan Jumat ia dites negatif untuk virus setelah diketahui bahwa sekretaris persnya dinyatakan positif.

Trump juga telah bertemu dengan sekretaris pers saat makan malam di resor golfnya di Florida.

TRUMP UNTUK DAPAT DIUJI

Trump sekali lagi mengatakan kepada konferensi pers, "Saya tidak memiliki gejala apa pun" dan "kami tidak ingin orang tanpa gejala pergi dan melakukan tes."

Namun kemudian, dia menyatakan, "Saya tidak mengatakan saya tidak akan diuji."

Dia akan "kemungkinan besar" diuji "segera," katanya.

Trump juga menghadapi rentetan pertanyaan tentang apa yang dikatakan oleh para kritikus sebagai respons kesehatan masyarakat yang kacau balau, terutama mengenai kapasitas pengujian yang sangat sedikit.

Pihak berwenang AS mendapat kecaman karena tertinggal dalam pengerahan alat uji, yang menurut para pakar kesehatan terkemuka memungkinkan virus menyebar di luar kemampuan negara untuk mendeteksinya.

Administrasi Trump mengumumkan pada hari Jumat sebelumnya bahwa mereka menyediakan hampir US $ 1,3 juta dalam pendanaan untuk dua laboratorium untuk mengembangkan tes yang mengembalikan hasil dalam waktu sekitar satu jam - DiaSorin Molecular of California dan QIAGEN of Maryland.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah memberikan persetujuan darurat kepada raksasa farmasi Swiss Roche untuk uji coronavirus baru dan jauh lebih cepat.

Sebagai hasil dari persetujuan Roche, Trump mengatakan setengah juta tes tambahan diharapkan akan tersedia "awal minggu depan," dengan rincian tentang lokasi uji akan diumumkan Minggu malam.

Dia mengatakan dia berharap 1,4 juta tes lagi akan tersedia minggu depan, dan lima juta dalam sebulan.

0 komentar:

Posting Komentar