13 Kebiasaan Orang yang Sangat Menyenangkan

 13 Kebiasaan Orang yang Sangat Menyenangkan

Terlalu banyak orang menyerah pada kepercayaan yang keliru bahwa menjadi disukai berasal dari sifat alami, yang tidak dapat dipelajari yang hanya dimiliki oleh sedikit orang yang beruntung — yang tampan, sangat sosial, dan sangat berbakat. Sangat mudah untuk menjadi mangsa kesalahpahaman ini. Pada kenyataannya, menjadi disukai berada di bawah kendali Anda, dan itu masalah kecerdasan emosional (EQ).

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di UCLA, subjek menilai lebih dari 500 kata sifat berdasarkan signifikansi yang dirasakan terhadap disukai. Kata sifat berperingkat teratas tidak ada hubungannya dengan menjadi suka berteman, cerdas, atau menarik (karakteristik bawaan). Sebaliknya, kata sifat utama adalah ketulusan, transparansi, dan kapasitas untuk memahami (orang lain).


Kata sifat ini, dan yang lain menyukainya, menggambarkan orang-orang yang terampil dalam sisi sosial kecerdasan emosional. Data penelitian TalentSmart dari lebih dari satu juta orang menunjukkan bahwa orang yang memiliki keterampilan ini tidak hanya sangat disukai, mereka mengungguli mereka yang tidak dengan margin yang besar.

Kami melakukan beberapa penggalian untuk mengungkap perilaku kunci yang melibatkan orang-orang yang cerdas secara emosional yang membuat mereka begitu disukai. Inilah 13 yang terbaik:


Mereka Mengajukan Pertanyaan


Kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika mendengarkan adalah mereka begitu fokus pada apa yang akan mereka katakan selanjutnya atau bagaimana apa yang dikatakan orang lain akan memengaruhi mereka sehingga mereka gagal mendengar apa yang dikatakan. Kata-katanya keluar dengan keras dan jelas, tetapi artinya hilang.

Cara sederhana untuk menghindari ini adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan. Orang-orang suka mengetahui Anda mendengarkan, dan sesuatu yang sederhana seperti pertanyaan klarifikasi menunjukkan bahwa Anda tidak hanya mendengarkan, Anda juga peduli dengan apa yang mereka katakan. Anda akan terkejut betapa banyak penghormatan dan penghargaan yang Anda dapatkan hanya dengan mengajukan pertanyaan.

Mereka Menyingkirkan Ponsel Mereka

Tidak ada yang akan mematikan seseorang dari Anda seperti pesan teks percakapan tengah atau bahkan sekilas pada ponsel Anda. Saat Anda berkomitmen pada percakapan, fokuskan seluruh energi Anda pada percakapan. Anda akan menemukan bahwa percakapan lebih menyenangkan dan efektif ketika Anda membenamkan diri di dalamnya.

Mereka Asli

Menjadi asli dan jujur ​​sangat penting untuk disukai. Tidak ada yang suka yang palsu. Orang-orang tertarik pada mereka yang asli karena mereka tahu mereka bisa mempercayai mereka. Sulit untuk menyukai seseorang ketika Anda tidak tahu siapa mereka sebenarnya dan bagaimana perasaan mereka sebenarnya.

Baca Juga : Bagaimana Mengevaluasi Nilai Diri anda

Orang yang disukai tahu siapa mereka. Mereka cukup percaya diri untuk merasa nyaman di kulit mereka sendiri. Dengan berkonsentrasi pada apa yang mendorong Anda dan membuat Anda bahagia sebagai individu, Anda menjadi orang yang jauh lebih menarik daripada jika Anda berusaha untuk memenangkan orang dengan membuat pilihan yang menurut Anda akan membuat mereka menyukai Anda.

Mereka Tidak Mengadili

Jika Anda ingin disukai, Anda harus berpikiran terbuka. Berpikiran terbuka membuat Anda mudah didekati dan menarik bagi orang lain. Tidak seorang pun ingin berbicara dengan seseorang yang telah membentuk opini dan tidak mau mendengarkan.

Memiliki pikiran terbuka sangat penting di tempat kerja di mana pendekatan berarti akses ke ide dan bantuan baru. Untuk menghilangkan gagasan dan penilaian yang terbentuk sebelumnya, Anda perlu melihat dunia melalui mata orang lain. Ini tidak mengharuskan Anda percaya apa yang mereka yakini atau memaafkan perilaku mereka, itu hanya berarti Anda berhenti memberikan penilaian cukup lama untuk benar-benar memahami apa yang membuat mereka tergerak. Hanya dengan begitu Anda dapat membiarkan mereka menjadi diri mereka sendiri.

Mereka Tidak Mencari Perhatian

Orang-orang tidak menyukai mereka yang sangat membutuhkan perhatian. Anda tidak perlu mengembangkan kepribadian yang besar dan ekstrovert agar disukai. Hanya bersikap ramah dan perhatian adalah yang Anda butuhkan untuk memenangkan orang. Ketika Anda berbicara dengan cara yang ramah, percaya diri, dan ringkas, Anda akan melihat bahwa orang-orang jauh lebih penuh perhatian dan dapat dibujuk daripada jika Anda mencoba menunjukkan kepada mereka bahwa Anda penting. Orang-orang memahami sikap Anda dengan cepat dan lebih tertarik pada sikap yang benar daripada apa — atau berapa banyak orang — Anda tahu.

Ketika Anda diberi perhatian, seperti ketika Anda dikenali untuk suatu pencapaian, ubah fokus ke semua orang yang bekerja keras untuk membantu Anda sampai di sana. Ini mungkin terdengar klise, tetapi jika itu asli, fakta bahwa Anda memperhatikan orang lain dan menghargai bantuan mereka akan menunjukkan bahwa Anda menghargai dan rendah hati — dua kata sifat yang terkait erat dengan disukai.

Mereka Konsisten

Beberapa hal membuat Anda lebih disukai daripada ketika Anda berada di tempat itu. Ketika orang mendekati Anda, mereka ingin tahu dengan siapa mereka berhadapan dan respons seperti apa yang bisa mereka harapkan. Agar konsisten, Anda harus dapat diandalkan, dan Anda harus memastikan bahwa bahkan ketika suasana hati Anda naik dan turun itu tidak mempengaruhi cara Anda memperlakukan orang lain.

Mereka Menggunakan Bahasa Tubuh Positif

Menjadi sadar akan gerak tubuh, ekspresi, dan nada suara Anda (dan memastikan mereka positif) akan menarik orang kepada Anda seperti semut untuk piknik. Menggunakan nada yang antusias, tidak menyilangkan lengan Anda, mempertahankan kontak mata, dan condong ke arah orang yang berbicara adalah semua bentuk bahasa tubuh positif yang digunakan orang-orang dengan EQ tinggi untuk menarik orang lain. Bahasa tubuh yang positif dapat membuat semua perbedaan dalam percakapan.

Memang benar bagaimana Anda mengatakan sesuatu bisa lebih penting daripada apa yang Anda katakan.

Mereka Meninggalkan Kesan Pertama yang Kuat

Penelitian menunjukkan sebagian besar orang memutuskan apakah mereka menyukai Anda atau tidak dalam tujuh detik pertama pertemuan dengan Anda. Mereka kemudian menghabiskan sisa pembicaraan secara internal membenarkan reaksi awal mereka. Ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi dengan mengetahui hal ini Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan besar dalam hal disukai Anda. Kesan pertama terkait erat dengan bahasa tubuh yang positif. Postur yang kuat, jabat tangan yang kuat, tersenyum, dan membuka bahu Anda kepada orang yang Anda ajak bicara akan membantu memastikan bahwa kesan pertama Anda adalah yang baik.

Mereka Menyapa Orang Berdasarkan Nama

Nama Anda adalah bagian penting dari identitas Anda, dan rasanya luar biasa ketika orang menggunakannya. Orang yang menyenangkan memastikan mereka menggunakan nama orang lain setiap kali mereka melihatnya. Anda tidak boleh menggunakan nama seseorang hanya ketika Anda menyapanya. Penelitian menunjukkan bahwa orang merasa divalidasi ketika orang yang mereka ajak bicara menyebut nama mereka selama percakapan.

Jika Anda hebat dalam menghadapi wajah tetapi memiliki masalah dengan nama, bersenang-senanglah dengannya dan menjadikan mengingat nama orang sebagai latihan otak. Ketika Anda bertemu seseorang, jangan takut untuk menanyakan namanya lagi untuk kedua kalinya jika Anda lupa tepat setelah Anda mendengarnya. Anda harus menyimpan namanya agar berguna jika Anda akan mengingatnya saat berikutnya Anda melihatnya.

Mereka tersenyum

Orang secara alami (dan tidak sadar) mencerminkan bahasa tubuh orang yang mereka ajak bicara. Jika Anda ingin orang lain menyukai Anda, tersenyumlah saat berbicara dan mereka secara tidak sadar akan membalas budi dan merasa senang sebagai hasilnya.

Mereka Tahu Kapan Harus Membuka

Berhati-hatilah untuk menghindari berbagi masalah pribadi dan pengakuan terlalu cepat, karena ini akan membuat Anda dicap sebagai pengeluh. Orang yang disukai membiarkan orang lain membimbing ketika saat yang tepat bagi mereka untuk terbuka.

Mereka Tahu Siapa yang Harus Disentuh (dan Mereka Menyentuh Mereka)

Ketika Anda menyentuh seseorang selama percakapan, Anda melepaskan oksitosin di otak mereka, neurotransmitter yang membuat otak mereka mengasosiasikan Anda dengan kepercayaan dan banyak perasaan positif lainnya. Sentuhan sederhana di bahu, pelukan, atau jabat tangan yang bersahabat adalah semua yang diperlukan untuk melepaskan oksitosin. Tentu saja, Anda harus menyentuh orang yang tepat dengan cara yang benar untuk melepaskan oksitosin, karena sentuhan yang tidak diinginkan atau tidak tepat memiliki efek sebaliknya. Ingat saja, hubungan dibangun bukan hanya dari kata-kata, tetapi juga dari perasaan umum tentang satu sama lain. Menyentuh seseorang dengan tepat adalah cara yang bagus untuk menunjukkan Anda peduli.

Mereka Menyeimbangkan Gairah dan Kesenangan

Orang-orang condong ke arah mereka yang bersemangat. Yang mengatakan, mudah bagi orang-orang yang bersemangat untuk dianggap terlalu serius atau tidak tertarik karena mereka cenderung terserap dalam pekerjaan mereka. Orang yang menyenangkan menyeimbangkan gairah mereka dengan kemampuan untuk bersenang-senang. Di tempat kerja mereka serius, namun ramah. Mereka masih menyelesaikan sesuatu karena mereka efektif secara sosial dalam waktu singkat dan mereka memanfaatkan momen sosial yang berharga. Mereka meminimalkan obrolan ringan dan gosip dan bukannya fokus pada interaksi yang bermakna dengan rekan kerja mereka. Mereka ingat apa yang Anda katakan kepada mereka kemarin atau minggu lalu, yang menunjukkan bahwa Anda sama pentingnya dengan pekerjaan mereka.

Menyatukan Semuanya

Orang yang disukai sangat berharga dan unik. Mereka berjejaring dengan mudah, mempromosikan keharmonisan di tempat kerja, mengeluarkan yang terbaik dari semua orang di sekitar mereka, dan umumnya tampak paling menyenangkan. Tambahkan keterampilan ini ke repertoar Anda dan saksikan kesukaan Anda melambung!

1 komentar: