Apa Artinya Cinta

Cinta Tidak Mengurangi


Bagaimana Anda mendefinisikan cinta atau pengalamannya? Bagaimana rasanya mengalami diri sendiri pada level intim? Maksud saya bukan secara fisik tetapi secara emosional dan spiritual? Beberapa mengasosiasikan cinta dengan perasaan romantis kupu-kupu di perut mereka. Mereka mungkin berbicara tentang sensasi yang mereka rasakan ketika memikirkan kekasih mereka. Tetapi apakah cinta dialami melalui pikiran, tubuh atau keduanya? Apakah cinta kata benda atau kata kerja? Bagaimana kita tahu kalau kita benar-benar mencintai? Apa ukuran dari komitmen penuh untuk mencintai? Saya tidak menganggap diri saya seorang ahli cinta atau pelatih hubungan. Saya hanya ingin tahu seperti Anda. Yang saya tahu adalah: cinta tidak menuntut apa pun dari kita karena itu adalah wadah kosong yang harus diisi. Ini adalah analogi untuk kehidupan itu sendiri, di mana cinta tidak pernah sia-sia tetapi diresirkulasi.

Apakah cinta tanpa syarat untuk Anda? Atau apakah itu datang dengan persyaratan? Apa yang terjadi ketika persyaratan itu tidak dipenuhi, apakah Anda menahan cinta Anda untuk orang lain? Apakah mungkin untuk menahan esensi dari siapa kita? Bagaimana kita bisa menghentikan aliran air di sungai? Anda mungkin berkata: bangunlah. Namun, jika bendungan tidak cukup kuat, tekanan air akan menemukan jalan melalui atau di sekitarnya. Anda pasti melihat tsunami di TV di mana seluruh desa dilanda air. Air adalah metafora yang kuat untuk cinta karena air dapat memperkaya kehidupan seseorang, tetapi juga dapat merusak jika disertai dengan kondisi.

Apakah kita membutuhkan cinta dalam hidup kita? Apa yang ditawarkan cinta sebagai imbalan bagi kita? Apakah keintiman dengan diri kita sendiri atau mengenal orang lain lebih baik? Santo Fransiskus dari Assisi yang pernah berkata: "Adalah dalam memberi yang kita terima." Dia memandang cinta sebagai sesuatu yang harus diedarkan untuk menembus kehidupan kita dan kehidupan orang lain. Cinta itu seperti Matahari yang memberikan energinya dan tidak meminta imbalan apa pun karena itu mandiri. Semakin banyak kita memberi cinta, semakin banyak pula yang kita miliki. Itu menimbulkan pertanyaan: apa yang terjadi ketika cinta tidak dibalas atau orang lain berhenti mengidentifikasi diri dengan cinta? Jika cinta tidak dikembalikan, itu tidak mengurangi kapasitas orang lain untuk memberi atau menerimanya. Matahari terbenam setiap malam dan ada kegelapan selama dua belas jam. Namun, dengan fajar menyingsing, ia muncul kembali membawa energi untuk mempertahankan kehidupan sekali lagi.

Berani Sepenuhnya Mengungkapkan Cinta

Ketika orang lain berhenti mencintai kita, itu tidak berarti kita tidak dicintai. Karena Anda tidak dapat menghentikan aliran, itu akan secara alami menemukan ekspresi dalam bentuk lain. Cinta adalah penangkal rasa takut, kebencian, dan kemarahan. Ini adalah satu-satunya konstanta sejati dalam kehidupan kita yang diberikan kepada kita sejak pembuahan. Kita dilahirkan dalam cinta dan meninggalkan hidup ini dengan mengetahui bahwa kita akan terus mencintai dalam kehidupan selanjutnya. Pertanyaannya adalah: sudahkah Anda berani mengekspresikan cinta sepenuhnya dalam kehidupan ini? Sudahkah Anda memberikan cinta dengan bebas dan tanpa syarat? Kita seharusnya seperti spons yang diisi air, benar-benar hancur ketika waktu kita tiba. Kita harus mengisi hati kita dengan cinta dan tidak menahannya karena takut itu tidak akan dibalas. Karena setiap kali kita terlibat dalam cinta, itu diperbesar dalam setiap sel tubuh kita. Semakin banyak kita memberi dari diri kita sendiri, semakin banyak cinta berkembang di dalam hati kita.

Mengetahui hal ini, saya mengundang Anda untuk merenungkan hubungan Anda dengan cinta selama beberapa hari mendatang. Di mana Anda menahan cinta dalam hidup Anda? Bagaimana ini melayani Anda? Apakah itu menimbulkan rasa aman, aman atau nyaman? Apakah Anda rela merobohkan hambatan yang menghalangi aliran cinta? Cinta tidak harus menjadi sesuatu yang diungkapkan antara dua orang tetapi dapat mengungkapkan dirinya melalui tujuan hidup kita, hobi kita dan sikap kita. Jika Anda mencari lebih banyak cinta dalam hidup Anda, lepaskan hambatan yang membuat Anda aman dari mengekspresikannya. Lihat apakah Anda dapat menemukan tempat di dalam diri Anda penuh dengan cinta dan mengarahkannya ke sesuatu atau seseorang. Cinta adalah seperti rekening bank yang menambah bunga dengan setiap setoran yang dilakukan. Karena jika kita benar-benar ingin tahu apa artinya mencintai, pertama-tama kita harus mengalaminya tanpa ragu sementara kita memiliki kesempatan.

2 komentar: