Industri Tas Kulit Di Jogja Kreatif

Industri Tas Kulit Di Jogja Kreatif

Kalau bicara soal Jogjakarta memang seakan tak ada habisnya. Potensi yang ada di kota pelajar ini cukup beragam, mulai dari wisata alam, kuliner, situs bersejarah, wisata budaya hingga wisata belanja. Sebutan “surganya belanja” layak melekat di tubuh Jogja karena banyaknya objek wisata yang pastinya akan menunjang sektor perdagangan, seperti Malioboro, tas kulit Jogja Manding dan sentra UKM lainnya.

Perkembangan Industri Pembuatan Tas Kulit Di Jogja

Jogjakarta dikenal dengan kota penghasil produk berbahan dasar kulit hewan asli. Produk yang dihasilkan beragam, mulai dari tas kulit Jogja, dompet kulit, jaket kulit, sepatu kulit, batik dan aspek kesenian. Perkembangan industri tas kulit di Jogja terbilang cukup pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyak bermunculan brand lokal tas kulit Jogja terkenal.



Sebut saja tas kulit Jogja berliano yang sempat booming di tahun 2017 lalu. Pada acara Jakarta International Handicraft Trade Fair atau disingkat Inacraft tahun 2017, Berliano, brand fashion leather asal Kota Jogja ini harus menutup standnya pada hari kedua saat acara berlangsung. Karena pada hari pertama, stand Berliano dibanjiri oleh pembeli yang membeludak.


Pengunjung yang mendatangi stand tas kulit jogja murah ini telah mengganggu bahkan merusak stand-stand di sekitarnya. Pihak panitia penyelenggara akhirnya memberi saran agar booth Berliano ditutup lebih awal. Selain alasan keamanan, agar demi terciptanya acara yang lebih kondusif.

Selain merk Berliano yang berasal dari Kota Jogja, kota pengrajin tas kulit juga tersebar di daerah Jogjakarta seperti Sleman dan Bantul. Harga tas kulit Jogja juga bisa bersaing dan tergolong murah. Dibanderol mulai dari 500 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah, Anda sudah bisa menenteng tas kulit ini. Pangsa pasarnya pun tak hanya domestik, namun juga telah diimpor ke berbagai negara Asia bahkan hingga Australia.

Penjualan tas kulit di Jogja juga saat ini merambah dunia maya. Penjualan tas kulit jogja online biasanya dilakukan dengan sistem pre-order. Sistem PO adalah melakukan pemesanan dan pembayaran produk terlebih dahulu, barulah nantinya tas akan dikirim ke alamat pembeli. Mereka biasanya akan memasarkan produknya di sosial media seperti membuat group jual beli di Facebook. Selain itu, penjualan tas kulit Jogja Instagram juga tersedia beberapa gambar katalognya.

Varian Produk Tas Kulit

Sebenarnya, model tas kulit tak hanya untuk wanita saja namun juga bisa untuk pria. Walaupun kenyataannya, yang paling banyak diproduksi adalah model-model tas wanita. Hal ini tak terlepas dari hobi wanita yang memang suka berbelanja dan mengoleksi barang-barang berbau fashion.
Untuk Anda yang tak menyukai desain tas kulit yang terlalu girly, Anda bisa memilih tas yang berjenis unisex.

Tas ini bisa dipakai baik pria maupun wanita serta bisa dibawa untuk acara formal maupun kasual. Tas jenis ini biasanya memiliki warna netral (misalnya hitam, abu-abu tua, abu-abu muda, biru dongker dan cokelat) dan memiliki lebih sedikit corak. Desainnya pun lebih simpel disertai dengan kombinasi warna cenderung polos.



Varian tas kulit biasanya lebih ke arah tas model jinjing atau selempang. Tas kulit yang sering diminati pembeli biasanya memiliki warna-warna menarik, berdesain simpel dan memiliki corak unik. Warna-warna pastel (contohnya merah muda, krem, biru muda, lavender, magenta, hijau muda dan masih banyak lagi) sedang digandrungi kaum hawa saat ini. Corak yang unik, seperti corak batik atau corak bunga dan dedaunan pada sisi tas kulit juga membuat tampilan tas menjadi lebih indah. 
Tas kulit Jogja dengan desain sederhana seperti tote bag contohnya.

Tote bag merupakan tas layaknya model kantong, yang hanya memiliki 1 penyimpanan utama saja. Ada yang hanya direkatkan dengan perekat putih, ada yang dilengkapi resleting dan ada yang model terbuka tanpa penutup. Dilengkapi dengan tali yang bisa digantungkan di pundak. Jenis talinya juga bervariasi, yaitu model tali tetap dan model tali adjustable (dapat diatur panjang pendek talinya).

Tipe tas kulit selanjutnya adalah clutch, yang mana desainnya identik dengan wanita. Tas ini biasanya berukuran kecil dan pas di genggaman tangan. Biasanya tas kulit model ini cocok untuk menghadiri pesta, acara makan malam dan acara formal lainnya.

Merk Terkenal Tas Kulit Dari Jogja

Di antara produsen tas kulit, ada beberapa brand senior yang sudah berkecimpung dahulu dan terkenal hingga saat ini. Contohnya tas kulit Jogja Abekani yang berproduksi di Bantul. Brand ini menawarkan tas kulit warna pastel yang akan menggoda iman Anda. Dibentuk dari kulit berjenis Italian leather, tas ini bisa didapat dengan harga kira-kira 1 juta rupiah saja.

Baca juga : 3 Cara Membuat Bisnis Online Yang Bisa Dipercaya

Selanjutnya, ada tas kulit Jogja Bucini yang bertempat di kabupaten Sleman. Telah memproduksi tas kulit sejak 2012 membuat tas ini telah merambah pasar di negara Eropa seperti Belanda. Harga yang ditawarkan bekisar 600 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah tergantung dari dimensi tas itu sendiri. Tas kulit Jogja Anantio juga tak kalah apiknya. Beralamat di Bakung, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, tas merk Anantio telah merebut hati pelanggan baik dari lokal maupun internasional.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan tas kulit Jogja berpengalaman, Anda bisa menghubungi 1Souvenir. Perusahaan ini melayani pembuatan souvenir seperti plakat, medali, miniatur, akrilik, produk berbahan kulit yang telah menembus pasar nasional dan negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia.

2 komentar: